Minggu, 31 Juli 2011

Air Terjun Nungnung


Air terjun Nungnung berlokasi di banjar Nungnung, Desa Pelaga Kecamatan Petang, Badung.  Jaraknya kurang lebih 40 kilometer sebelah utara kota Denpasar dengan ketinggian 900 mter di atas permukaan laut. Objek Wisata ini terletak di desa yang sama dengan lokasi Jembatan Bangkung yang diklaim sebagai jembatan tertinggi di Asia yang letaknya kira- kira 5 km dari Nungnung. Di desa ini pula terdapat Bagus Agro Wisata yang menyuguhkan keindahan alam pertanian dan pesona pegunungan yang asri.
Air terjun Nungnung terletak kira-kira 6 km sebelum Bagus Agro. Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter dan luas 0,4 hektar dengan debit air cukup besar . Untuk mencapai lokasi air terjun pengunjung akan disuguhkan panorama persawahan berbukit sekitar 2 Kilometer dari jalan raya. Air terjun Nungnung adalah salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi bagi penggemar wisata trekking, karena untuk sampai ke lokasi air terjun kita harus menyusuri tangga yang jumlahnya lumayan banyak, sehingga kita bisa sampai turun ke lembah sungai dan dapat melihat air terjun dari jarak dekat.
Fasilitas tangga menuju air terjun sudah cukup memadai. Semak belukar di samping kanan kiri membangkitkan jiwa petualang sehingga lebih berkesan. Rasa letih setelah menuruni tangga akan terbayar oleh keindahan air terjun yang dihiasi dengan bebatuan besar memantulkan jatuhnya air. Air terjunnya sendiri terletak di lembah yang lebih mendekati gua, dengan suasana hijau daun dan lelumutan. Setelah puas melihat air terjun, selanjutnya wisatawan dapat menikmati makan siang atau sekedar melepas lelah di bale-bale kecil yang disediakan di sepanjang jalan setapak.
Air terjun ini mulai di promosikan sebagai tempat wisata sejak tahun 1996. Kondisi sarana dan prasarana air terjun nungnung semakin banyak mengalami perubahan, seperti adanya berbagai fasilitas-fasilitas tambahan lainnya untuk menunjang objek wisata ini. Karena letaknya didaerah pedesaan, menambah keeksotikan dan keindahan yang menjadikan air terjun ini menarik untuk dikunjungi. Sekalinya berkunjung kesini akan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan, apalagi bila wisatawan juga mengunjungi objek wisata lain yang ada di desa Pelaga seperti Bagus Agro Wisata, Jembatan Bangkung, Bukian dan Auman yang tempat pembudidayaan asparagus, pare putih dan padi gogo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar