Sabtu, 30 Juli 2011

Pelaga, Desa Berpotensi Wisata Alam




Pelaga ialah sebuah desa yang termasuk kecamatan Petang yang terletak paling ujung utara Kabupaten Badung. Lokasi desa Pelaga dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat dengan jarak tempuh 15 Km dari kecamatan Petang dan 46 Km dari pusat kota Denpasar. Terletak pada dataran tinggi yang berbukit hijau dan memiliki tingkat polusi yang masih sangat rendah.
Pelaga menawarkan agro wisata yang sangat menarik dengan ekologinya yang indah dan utuh. Kegiatan hortikulturnya begitu luas dan beraneka ragam seperti sayur-mayur, kopi, panili, jagung, strawberi dan sebagainya lebih menambah keindahan pemandangan dengan suasana lingkungan yang asri.
Desa ini memiliki luas 3545,204 Ha terdiri dari sembilan dusun/banjar antara lain; Nungnung, Kiadan, Pelaga, Bukian, Tinggan, Tiyingan, Semanik, Auman dan Bukit Munduk Tiying. Tofografi desa ini membuat desa ini memiliki pemandangan yang indah dan suhu yang nyaman dan cocok untuk me-refresh pikiran setelah berkutat dengan aktivitas yang menjemukan di kota.

            Tempat ini memiliki potensi wisata yang indah dan alami. Dari banjar Pelaga dan Bukian, Gunung Agung terlihat berdiri kokoh sebelah timur dengan matahari pagi yang terbit memancarkan cahaya hangat dan warna cantik yang lembut. Hamparan perkebunan yang rapi menambah pesona indahnya panorama alam perbukitan. Panorama serupa dapat dijumpai di sebelah barat desa pelaga yaitu berupa pengunungan yang berundak hijau nan subur. Batas sebelah utara desa Pelaga yaitu hutan lindung milik Negara dan pura Puncak Mangu yang memiliki panorama asri persawahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar